Fenomena Eyang Subur

April 8th, 2013 by Achmad Sholeh Leave a reply »

Beberapa hari terakhir berita infotainment di layar kaca kita dipenuhi oleh perseteruan antara mantan murid Adi Bing Selamet dengan mantan penasehat Spiritualnya Eyang Subur. Entah apa yang menjadi penyebabnya yang jelas adalah faktor kekecewaan satu dengan yang lainnya, namanya manusia hal seperti itu sebenarnya biasa terjadi hanya karena itu terjadi pada publik figur maka merupakan santapan empuk bagi para pemburu gosip.

Sudah menjadi hukum alam kalau manusia saling membutuhkan satu sama lainnya, demikian juga karena dalam diri manusia terdapat dua unsur yaitu positif dan negatif maka dari unsur itulah manusia berinteraksi dengan sesamanya dan sekelilingnya. Ketika unsur positif yang dominan maka merea akan berinteraksi dengan kekuatan dan lingkungan positif, namun sebaliknya ketika manusia diliputi unsur negatif maka jalan yang ia tuju adalah hal-hal yang negatif.

Fenomena manusia lari kepada sosok yang dianggap mampu melindungi dan memiliki kharisma dan kemampuan tertentu seperti Eyang Subur adalah hal yang biasa terjadi dalam masyarakat kita. Ketika manusia di hadapkan pada masalah yang rumit dan pelik dalam hidupnya maka mereka kan mencari sesuatu yang dianggapnya bisa memberi solusi bagi keruwetan yang dihadapinya. Salah satunya adalah penasehat spiritual seperti eyang Subur, namun ketika seseorang memiliki sandaran Agama yang cukup memadai pastilah mereka akan kembali pada ajaran Agamanya.

Seorang penasehat spiritual baik itu dukun, Kyai, pendeta, biksu dan lainya pada dasarnya hanyalah jalan atau cara seseorang menemukan kekuatan yang haqiqi yaitu Tuhan, kalau itu yang terjadi mengapa kita tidak langsung mengadu dan berkeluh kesah kepada yang haqiqi yaitu Tuhan. Hidup itu pilihan dan kita akan menanggung semua resiko pilihan kita, silahkan memilih jalan anda dan pastikan pilihan kita tidak salah.

Advertisement

5 comments

  1. Abed Saragih says:

    Sampai sekarang masalah ini masih saja menjadi perbincangan hangat di televisi,mudahan ini bisa clear siapa yang salah dan siapa yang benar.

  2. boyin says:

    penasaran penyelesaiannya gimana tuh…

  3. Pencerah says:

    heran juga, kenapa banyak artis bisa terjebak tipu daya dukun yang satu ini

  4. yuniarinukti says:

    menunggu eyang subur muncul di tipi dengan sabar

  5. ibnu ch says:

    Karena di kostku gak ada TV, jadi gk terlalu gimana gitu dngn denomena ini.. Tapi kalo ngobrol dengn tman2 d kampus pasti bahas soal ni. .. Ck ckck mog segera ada penyelesaian nya.. .
    Salam kenal..

Leave a Reply